Selasa, 30 Juni 2015

ARTIKEL tentang TROTOAR





Hello guys, kali ini saya akan membahas mengenai trotoar. Sebelumnya apasih trotoar itu?

Trotoar adalah sebagai bagian  jalan yang disediakan untuk pejalan kaki. Umumnya ditempatkan sejajar  dengan  jalur  lalu  lintas,  dan  harus  terpisah  dari  jalur  lalulintas  oleh struktur  fisik. 

Terdapat beberapa faktor yang membuat nyaman pejalan kaki di trotoar.
1.   Aman, yaitu terjaminnya keamanan bagi pejalan kaki dari kerawanan lalu lintas di jalan raya tanpa khawatir akan terjadi kecelakan
2.  Nyaman, tidak ada hambatan yang mengganggu pejalan kaki melewati trotoar tersebut.
3.  Variable lingkungan, yaitu berupa gangguan suara, gangguan polusi dan kualitas trotoar.
4.  Jarak, rata-rata kemampuan berjalan dengan nyaman yaitu dengan jarak kurang dari 1,1 km dengan kecepatan rata-rata 3,5 km/jam.

Di Indonesia banyak didapatkan trotoar yang kurang ergonomis bagi pedestrian, contohnya pada penelitian kami di Jl. Kartini, Tegal. Trotoar di Jalan R.A Kartini Kota Tegal tidak hanya bagi pejalan kaki, tetapi digunakan oleh fungsi lain, seperti PKL dan parkir liar. Adanya beda tinggi, tak adanya ramp  atau kemiringan serta material penutup trotoar yang rusak sehingga menyebabkan kesulitan bagi pengguna trotoar, khusunya bagi yang mengalami keterbatasan fisik.

Contoh permasalahan-permasalahan

1.  Kerusakan pada trotoar


2.  Adanya pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar



3.  Kondisi drainase tidak baik, kurangnya perawatan dan terdapat pohon-pohon yang menyulitkan pejalan kaki melewati trotoar.
 

Dengan melihat semua ini, sebenarnya fungsi trotoar itu apa sihh???
Trotoar berfungsi sebagai fasilitas pejalan kaki baik pengguna dengan fisik mental normal maupun bagi pengguna kekurangan fisik maupun mental agar tidak melewati badan jalan yang akan mengakibatkan arus lalulintas terhambat atau dapat mengakibatkan kemacetan bahkan kecelakaan.

Tetapi dengan penyalahgunaan trotoar ini apa yang harus dilakukan ?? 

1.    Disediakan lahan untuk berjualan bagi Pedagang Kaki Lima. 
2.    Merendahkan bahu jalan, sehingga akan menarik para pengguna jalan dan membantu pengguna jalan yang cacat. 
3.    Memperlebar trotoar dengan maximal 2,5 dan menutup drainase.
 4.    Memberikan pembatas di ujung trotoar agar kendaraan bemotor tidak melewati trotoar sehingga pengguna nyaman berjalan di trotoar.

Thank you, enought..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar